tips-modifikasi-motor-mio-ramping-dan-gesit

Tips Modifikasi Motor Mio Ramping dan Gesit

Modifikasi Motor Mio – Kali ini kita akan mencoba perubahan baru yaitu pada motor Honda Mio yang memiliki bodi lumayan ringkas ditambah tenaganya juga bisa diandalkan.

Namun bagaimana caranya agar laju motor tersebut lebih cepat lagi? Ada beberapa konsep yang bisa membuat motor Honda Mio lebih ramping dan cepat, kecepatan ini dalam artian tidak bergetar saat melaju pada kecepatan yang tinggi.

Konsep yang dibawa adalah memperbesar pengapian dan mengganti beberapa sparepart yang berpengaruh pada dorongan tenaganya. Berikut ini ada langkah utama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kecepatan yang diinginkan tersebut.

Kurangi Beban Bodi
Bodi yang cukup besar pada Honda Mio ini memang perlu sedikit dikurangi. Hal ini juga dapat memberikan pengaruh pada kecepatannya saat melaju. Beberapa bagian yang perlu dilepas atau diganti seperti rangka samping dan rangka bawah. Biasanya pada bagian depan juga banyak yang dirombak dan diganti dengan yang lebih ramping.

Karburator
Modifikasi motor untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi memang berpengaruh pada karburatornya. Pada bagian spuyernya bisa diganti dengan ukuran yang lebih besar lagi. Ada motor Honda Mio memiliki ukuran standar yang sangat kecil maka dari itu perlu diubah jika ingin mendapatkan kecepatan yang tinggi.

Hal ini juga akan membuat pasokan Beni tidak kecil sehingga top speednya semakin besar. Tidak semua spuyer juga cocok dengan motor ini, maka dari itu perlu diperhatikan lagi.

Pengapian
Pada pengapian standar Honda Mio ini sangat dibatasi dari pabriknya. Terutama pada bagian CDI, Anda juga wajib menggantinya dari CDI standar ke CDI racing.

Harganya memang lumayan tetapi juga berpengaruh pada top speednya. Cara lain jika tidak begitu ada dana yang banyak bisa mengakalinya demam melepas bagian magnet dan menggeser pulsernya dengan cara mencoak lubang posisi pulser tersebut. Jika salah menggesernya memang bisa membuat motor jadi susah hidup.

Camsaft
Modifikasi Motor selanjutnya adalah membubut bagian Noken As. Bagian ini juga biasa disebut sebagai noken AS yang tidak terlalu dibahas terlalu dalam mengenai hal ini. Beberapa orang memang memaksanya untuk membubutnya itu karena mereka sudah tahu hitungannya.

Ada banyak ukuran tersebut yang dijadikan sebagai ukuran ketikan untuk membubut maka dari itu perlu keahlian yang cukup untuk melakukannya. Pengaruh besar akan didapatkan dari membubut noken AS ini tetapi juga berisiko yang tinggi pada kinerja mesinnya nanti.

Beberapa cara tersebut bisa membantu Anda dalam mendapatkan kecepatan yang tinggi. Sebelumnya perlu keahlian dan pengalaman tersendiri untuk mendapatkan kesesuaian tersebut maka dari itu jika ada salah juga akan berpengaruh pada mesinnya. Beberapa tutorial di youtube mungkin bisa membantu Anda dalam mengetahui bagaimana saja ukuran dan hitungannya.